Alhamdulillah wa Sholatu wa Salamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala Alihi wa Ashabihi Ajma’in. Amma ba’du,
Begitu banyak diantara kaum muslimin yang belum mengerti apa itu iman
yang benar. Di antara mereka ada juga yang berpaham (Allahu a’lam
karena kekurangtahuan dan pemahaman yang telah ditanamkan sejak sekolah
dasar) bahwa iman itu adalah kayakinan hati semata. Untuk itulah kami
memandang penting untuk mengetengahkan pembahasan dalam masalah ini.
[Kembalikan Kepada Al Qur’an dan As Sunnah dengan Pemahaman Salaful ‘Ummah]
Merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk mengembalikan seluruh
permasalahan agama yang dihadapinya kepada Al Qur’an dan As Sunnah
sesuai pemahaman salaful ummah yang lebih dahulu dalam ilmu, iman dan
amal.
Allah Subhana wa Ta’ala berfirman,
فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ
إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
“Jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka
kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (Sunnahnya), jika
kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian
itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”. [ QS. An Nisa’ (4) :
59]
Maka marilah kita jadikan hal ini sebagai pegangan pertama dalam masalah yang akan kita bahas di sini.
[Definisi Iman Menurut Ulama Kaum Muslimin Ahlus Sunnah wal Jama’ah]
قال الحاكم في مناقب الشافعي حدثنا أبو العباس الأصم أخبرنا الربيع قال سمعت الشافعي يقول الإيمان قول وعمل يزيد وينقص
Al Hakim menyebutkan di dalam Manaqib Asy Syafi’i,
“Abul Abbas Al Ashom (Muhammad bin Ya’kub bin Yusuf seorang ahli hadits
wafat 346 H) telah mengabarkan kepada kami, dia mengatakan,
“Sesungguhnya Ar Robi’ berkata, “Aku mendengar imam Asy Syafi’i (150-204
H) mengatakan, “
Iman adalah
perkataan dan
amal,
dapat bertambah dan
berkurang”
[1].
Al Lalikai
Rohimahullah (Wafat 418 H) mengatakan,
قال الشافعي رحمه الله في كتاب الأم في باب
النية في الصلاة : نحتج بأن لا تجزئ صلاة إلا بنية ؛ لحديث عمر بن الخطاب
عن النبي صلى الله عليه وسلم : – « إنما الأعمال بالنية » ثم قال : وكان الإجماع من الصحابة والتابعين من بعدهم ممن أدركناهم أن الإيمان قول وعمل ونية ، لا يجزئ واحد من الثلاثة بالآخر
Imam Asy Syafi’i
Rohimahullah mengatakan
dalam kitab Al ‘Um Bab Niat dalam Sholat, “Kami berpendapat bahwa
tidaklah sah sholat kecuali di dahului niat berdasarkan hadits ‘Umar bin
Al Khoththob
Rodhiyallahu ‘anhu dari Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, “Sesungguhnya setiap amal bersama dengan niatnya”. Kemudian beliau mengatakan, “Merupakan sebuah
ijma’/sepakat
para sahabat dan
tabi’in yaitu orang-orang setelah mereka yang bertemu dengan mereka bahwa
iman adalah
perkataan,
amal/perbuatan dan
niat,
tidaklah salah satu dari ketiga hal tersebut tanpa yang lainnya”
[2].
Beliau juga meriwayatkan dari Al Imam Al Bukhori (194-256 H)
Rohimahullah dengan sanadnya, bahwa Al Imam Al Bukhori
Rohimahullah mengatakan,
لقيت أكثر من ألف رجل من أهل العلم أهل الحجاز ومكة والمدينة والكوفة والبصرة ……… أن الدين قول وعمل
“Aku bertemu lebih dari
seribu ahli ilmu/ulama dari Hijaj, Mekah, Madinah, Kufah, Bashroh ……. (dan lain-lain yang banyak sekali) (bahwa mereka semua mengatakan) “Sesunggunya
agama/iman adalah
perkataan dan
amal/perbuatan”
[3].
Ibnu Abdil Barr
Rohimahullah (368-463 H) mengatakan, “Abul
Qosim ‘Ubaidillah bin Umar Al Baghdadi Asy Syafi’i menyebutkan,
“Muhammad bin ‘Ali telah mengabarkan kepada kami, dia mengatakan,
“Sesungguhnya Ar Robi’ pernah mendengar Asy Syafi’i mengatakan, “Iman
adalah perkataan, amal/perbuatan dan keyakinan hati. Tidakkah engkau
pernah melihat firman Allah
‘Azza wa Jalla
وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ
“Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu”. (QS. Al Baqoroh [2] : 143)
Yang dimaksud iman dalam ayat ini adalah sholat kalian ketika masih menghadap ke Baitul Maqdis. Maka
Allah menyebut sholat dalam ayat ini
dengan sebutan iman yaitu terdiri dari perkataan, amal/perbuatan dan keyakinan hati”
[4].
Abu ‘Ubaid Al Qosim bin Abdis Salam (157-224 H)
Rohimahullah mengatakan, “”
فالأمر الذي عليه السنة عندنا ما نص عليه
علماؤنا مما اقتصصنا في كتابنا هذا : أن الإيمان بالنية والقول والعمل
جميعا ، وأنه درجات بعضها فوق بعض
Perkara yang
sesuai dengan
Sunnah bagi kami dan yang ditegaskan oleh
ulama kami yang kami cantumkan dalam kitab kami ini, bahwa sesungguhnya
iman adalah
niat,
perkataan dan
amal/perbuatan seluruhnya. Masing-masing diantaranya ada yang derajatnya lebih tinggi dari yang lainnya”
[5].
Al Imam Muhammad bin Al Husain Al Ajurri
Rohimahullah (Wafat 360 H) mengatan,
اعلموا رحمنا الله وإياكم أن الذي عليه علماء
المسلمين أن الإيمان واجب على جميع الخلق ، وهو تصديق بالقلب ، وإقرار
باللسان ، وعمل بالجوارح ،
ثم اعلموا أنه لا تجزئ المعرفة بالقلب والتصديق
إلا أن يكون معه الإيمان باللسان نطقا ، ولا تجزيء معرفة بالقلب ، ونطق
باللسان ، حتى يكون عمل بالجوارح ،
فإذا كملت فيه هذه الثلاث الخصال : كان مؤمنا دل على ذلك القرآن ، والسنة ، وقول علماء المسلمين
“Ketahuilah semoga Allah merahmati kami dan anda sekalian, sesungguhnya sebuah perkara yang dipegangi oleh ulama kaum muslimin bahwa iman yang wajib bagi setiap manusia (kaum muslimin) adalah pembenaran dengan hati, ikrar dengan lisan dan amal/perbuatan anggota badan.
Kemudian ketahuilah sesungguhnya tidak lah sah/teranggap pengetahuan/pengakuan dan pembenaran seseorang dengan hatinya melainkan harus desertai dengan ikrar dengan lisan. Tidaklah sah/teranggap pengetahuan/pengakuan seseorang dengan hatinya dan ikrar dengan lisan melainkan harus disertai dengan amal/perbuatan anggota badan.
Maka jika lengkap ketiga hal ini maka orang tadi
menjadi orang yang beriman, hal ini ditunjukkan dalilnya dalam Al
Qur’an, Sunnah/
hadits dan perkataan/pendapat ulam kaum muslimin”
[6].
Al Baghowi (wafat 516 H)
Rohimahullah mengatakan,
اتفقت الصحابة والتابعون ، فمن بعدهم من علماء السنة على أن الأعمال من الإيمان ، لقوله
سبحانه وتعالى : إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ
“Para
Sahabat,
Tabi’in dan orang-orang setelah mereka dari
kalangan ulama sunnah sepakat bahwa sesungguhnya
amal/perbuatan adalah
bagian dari iman
berdasarkan firman Allah Subhana wa Ta’ala, (yang artinya),
“Sesungguhnya orang-orang yang berimanialah mereka yang bila disebut
nama Allah gemetarlah hati mereka”. (QS. Al Anfal [8] : 2)
Mereka mengatakan,
إن الإيمان قول وعمل وعقيدة ، يزيد بالطاعة ، وينقص بالمعصية
“Sesungguhnya
iman adalah
perkataan,
amal dan
aqidah/keyakinan hati. Bertambah dengan keta’atan dan berkurang dengan kemaksiatan”
[7].
Abu ‘Utsman ‘Isma’il bin Abdur Rohman Ash Shobuni Asy Syafi’i
Rohimahullah (373-449 H) mengatakan,
“Diantara keyakinan Mazhab Ahlus Sunnah wal Jama’ah
yaitu iman adalah perkataan, amal perbuatan dan pengetahuan/pengakuan
(dengan hati). Bertambah dengan keta’atan dan berkurang dengan
kemaksiatan”
[8].
Beliau kemudian menyampaikan banyak sekali riwayat dari Imam-iman
kaum muslimin diantaranya Imam Malik, Hisyam bin Hasan, Ibnu Juraij
Sufyan Ats Tsauri, Al Mustanna bin Shibah, Fudhail bin ‘Iyadh, Sufyan
bin Uyaynah semuanya mengatakan bahwa iman adalah perkataan (hati dan
lisan) dan amal/perbuatan
[9].
Sehingga kami kira cukup menyampaikan kalam ulama dalam masalah ini,
walaupun kalau diteruskan akan banyak sekali ulama yang berpendapat
demikian.
[Diantara Dalil Ulama’ Kaum Muslimin dalam Permasalahan Iman]
Maka kita akan beralih kepada dalil-dalil permasalahan ini baik dari Al Qur’an dan As Sunnah.
Firman Allah
‘Azza wa Jalla
وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ
“Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu”. (QS. Al Baqoroh [2] : 143)
Yang dimaksud iman dalam ayat ini adalah sholat kalian
[10] ketika masih menghadap ke Baitul Maqdis. Maka
Allah menyebut sholat dalam ayat ini
dengan sebutan iman
yaitu terdiri dari perkataan, amal/perbuatan dan keyakinan hati. Sisi
pendalilannya adalah Allah maksudkan sholat dengan sebutan iman. Sebuah
hal yang kita ketahui bersama bahwa dalam sholat itu ada keyakinan hati
(niat), perkataan (dzikir-
dzikir yang ada dalam gerakan sholat dan bacaan Al Qur’an) dan perbuatan (gerakan-gerakan sholat)
[11].
Adapun dalil dari Hadits Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam maka
akan banyak sekali kita temui. Namun untuk memperjelas kami sampaikan
dalil yang menunjukkan satu persatu bagian dari iman agar
mempermudahnya.
[1]. Dalil yang menunjukkan bahwa
perkataan lisan merupakan bagian dari
iman.
Sabda Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam kepada utusan bani Abdul Qois
,
آمَرَكُمْ بِأَرْبَعٍ وَ أَنْهَاكُمْ عَنْ أَرْبَعٍ آمَرَكُمْ بِالْإِيْمَانِ بِاللهِ وَحْدَهُ أَتَدْرُوْنَ مَا الْإِيْمَانُ بِاللهِ وَحْدَهُ ؟ قَالُوْا اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمُ قَالَ شَهَادَةُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ …….
“Aku (Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam) memerintahkan 4 hal dan melarang 4 hal. Aku memerintahkan kalian agar
beriman
kepada Allah semata. Tahukah kalian apa itu beriman kepada Allah semata
?” Mereka menjawab, “Allah dan RosulNya yang lebih tahu”. Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab, “
Syahadat Laa Ilaaha Illallah dan Muhammad Rosulullah ……”
[12].
Kita ketahui bersama bahwa syahadat adalah perkataan lisan, dan Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjadikannya bagian dari iman.
[2]. Dalil yang menunjukkan bahwa
amal/perbuatan merupakan bagian dari
iman
Hadits Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam ketika ditanya oleh seorang dari negeri Syam,
أَيُّ الْإِيمَانِ أَفْضَلُ قَالَ الْهِجْرَةُ\خُلُقٌ حَسَنٌ
“Apakah iman yang paling utama?” Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab, “Hijroh (dalam riwayat lain akhlak yang mulia)”
[13].
Kita ketahui bersama bahwa hijroh/akhlak mulia adalah amal/perbuatan anggota badan dan Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjadikannya bagian dari iman bahkan iman yang paling utama.
[3]. Dalil yang menunjukkan bahwa
perbuatan/keyakinan/pembenaran hati merupakan bagian dari
iman
الْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنْ الْإِيمَانِ
“Malu merupakan cabang dari iman”
[14].
Hadits Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,
لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَلَدِهِ وَوَالِدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ
“Tidak beriman salah seorang diantara kalian hingga dia mencintai aku (Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam) lebih dicintainya dari pada anak, orang tua dan manusia seluruhnya”
[15].
Kita ketahui bersama bahwa malu dan cinta merupakan perbuatan/keyakinan hati dan Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjadikan itu bagian dari iman.
Sebagai penutup kami sampaikan dalil yang menunjukkan 3 hal tadi merupakan bagian dari iman dalam sebuah
hadits Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam,
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ
بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ
فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإِيمَانِ
“Barangsiapa diantara kalian yang melihat kemungkaran maka hendaklah dia ubah dengan
tangannya/kekuasaannya, apabila dia tidak mampu maka dengan
lisannya dan apabila tidak mempu maka dengan
hatinya. Yang demikian itu selemah-lemah
iman”
[16].
Mudah-mudahan bermanfaat bagi kami sebagai tambahan amal dan pembaca sebagai tambahan
ilmu dan amal.
Selepas Isya’, 22 Jumadil Akhir 1433 H/ 14 Mei 2012 M
Aditya Budiman bin Usman
-Semoga Allah menjauhkan kami dari api neraka-
Penulis: Aditya Budiman
Artikel
Muslim.Or.Id
[1] Lihat Fathul Bari hal. 47/I terbitan Darul Ma’rifah Beirut, Lebanon.
[2] Lihat Syarh Ushul I’tiqod Ahlu Sunnah wal Jama’ah oleh Al Lalikai hal. 267/V terbitan Dar Thoyyibah, Riyadh, KSA
[4] Lihat Al Intiqo’ hal. 81 dan Manaqib Asy Syafi’i oleh Ar Rozi hal. 131 (
Manhaj Al Imam Asy Syafi’i oleh DR. Muhammad bin Abdul Wahab Al ‘Aqil hal. 163 terbitan Adwa’us Salaf, Riyadh, KSA.)
[5]
Lihat Kitab Al Iman Oleh Abu ‘Ubaid Al Qosim bin Abdus Salam dengan
tahqiq Al Albani hal. 34 terbitan Maktabah Ma’arif, Riyadh, KSA.
[6]
Lihat Asy Syar’iyah oleh Al Ajurri dengan tahqiq Muhammad Hamid Al Faqi
hal. 227/I terbitan Anshorus Sunnah Al Muhammadiyah, Kairo, Mesir.
[7]
Lihat Syarhu Sunnah oleh Husain bin Mas’ud Al Baghowi dengan tahqiq
Syu’aib Al Arnauth hal. 38-39/I terbitan Al Maktab Al Islami, Beirut,
Lebanon.
[8] Lihat
Aqidah As
Salaf
wa Ashabu Al Hadits oleh Ash Shobuni dengan tahqiq DR. Nashir bin Abdur
Rohman bin Muhammad Al Judai’ hal. 264 terbitan Darul Ashimah, Riyadh,
KSA.
[10] Sebagaimana dalam HR. Bukhori no. 4486 dan Muslim no. 252
[11] Penjelasan senada dijelaskan Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin dalam Syarh
Aqidah Wasithiyah hal. 447 terbitan Dar Ibnu Jauzi, Riyadh, KSA.
[12] HR. Bukhori no. 53 dan Muslim no. 17 dari jalur ‘Abdullah bin ‘Abbas
Rodhiyallahu ‘anhuma
[13]
HR. Ahmad no. 19435 dinilai shohih lighoirihi oleh Syu’aib Al Arnauth
dan dinilai shohih oleh Al Albani dalam Ash Shohihah hal. 551
[14] HR. Bukhori no. 9 dan Muslim 35
[15] HR. Bukhori no. 14 dan Muslim 44
0 komentar:
Posting Komentar