Kamis, 02 Agustus 2012

prof and kyai

seorang pemuda yang lama sekolah di
luar negeri,
kembali ke tanah air.
Sesampainya di rumah ia meminta kepada
orang tuanya
untuk mencari seorang guru agama, kiyai atau siapa saja yang bisa menjawab 3 pertanyaannya.
Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan
orang
tersebut, seorang kiyai. Pemuda : Anda siapa Dan apakah
bisa
menjawab pertanyaan-pertanya an saya?
Kiyai : Saya hamba Allah dan dengan izin-Nya
saya akan
menjawab pertanyaan anda. Pemuda : Anda yakin?
Sedangkan Profesor
dan ramai orang yang pintar tidak mampu menjawab
pertanyaan saya.
Kiyai : Saya akan mencoba sejauh kemampuan
saya. Pemuda : Saya ada 3 pertanyaan:
1.Kalau memang Tuhan itu ada,tunjukan
wujud Tuhan kepada saya
2.Apakah yang dinamakan takdir
3.Kalau syaitan diciptakan dari api kenapa dimasukan ke
neraka yang dibuat dari api, tentu tidak
menyakitkan buat
syaitan. Sebab mereka memiliki unsur yang sama. Apakah
Tuhan tidak pernah berfikir sejauh itu? Tiba-tiba kyai
tersebut menampar pipi
pemuda tadi
dengan keras. Pemuda : (sambil menahan sakit) Kenapa
anda marah
kepada saya?
Kiyai : Saya tidak marah...Tamparan itu
adalah jawaban
saya atas 3 pertanyaan yang anda ajukan kepada saya.
Pemuda : Saya sungguh-sungguh tidak mengerti.
Kiyai : Bagaimana rasanya tamparan saya? Pemuda :
Tentu saja saya merasakan sakit.
Kiyai : Jadi anda percaya bahwa sakit itu ada? Pemuda :
Ya!
Kiyai : Tunjukan pada saya wujud sakit itu! Pemuda : Saya tidak bisa.
Kiyai : Itulah jawaban pertanyaan
pertama...kita semua
merasakan
kewujudan Tuhan tanpa mampu melihat
wujudnya. Kiyai : Apakah tadi malam anda bermimpi akan ditampar
oleh saya?
Pemuda : Tidak. Kiyai : Apakah pernah terfikir oleh anda
akan
menerima
tamparan dari saya hari ini? Pemuda : Tidak. Kiyai : Itulah yang dinamakan takdir.
Kiyai : Terbuat dari apa tangan yang saya
gunakan
untuk menampar anda?
Pemuda : Kulit. Kiyai : Terbuat dari apa pipi anda?
Pemuda : Kulit. Kiyai : Bagaimana rasanya tamparan saya?
Pemuda : Sakit. Kiyai : Walaupun syaitan dijadikan dari
api dan
neraka
juga terbuat dari api, jika Tuhan
menghendaki maka neraka akan menjadi tempat yang menyakitkan
untuk syaitan.

0 komentar:

Posting Komentar